Kamis, 04 Juni 2020

Pelatihan Sagusablog Ikatan Guru Indonesia

Pada abad 21 ini, kompetensi literasi guru dalam menulis sangatlah diperlukan. Sebagai orang yang kemampuan menulisnya kurang,
saya sangat kagum dengan teman teman yang sudah terbiasa menulis artikel di koran, menulis buku bahkan memiliki blog yang sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran mereka di sekolah.
Pada masa pandemi covid-19 ini, guru dituntut bekerja dari rumah dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan peserta didiknya. Media online tentu dibutuhkan untuk terlaksananya transfer ilmu tersebut. Kondisi ini menjadi tantangan buat saya untuk membuat sebuah blog yang dapat menjadi salah satu media antara saya dengan peserta didik dalam proses transfer ilmu tersebut. Gayung bersambut, pada saat ini Ikatan Guru Indonesia hadir dengan berbagai pelatihan daring yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan kita sebagai guru. Salah satunya pelatihan Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) yang melatih kita untuk membuat blog sendiri.
Pelatihan Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) yang saya ikuti adalah pelatihan Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) Kelas Dasar Angkatan 40 yang dilaksanakan dari tanggal 08 sampai dengan 14 Mei 2020. Pada pelatihan Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) Kelas Dasar ini, kita dituntut untuk menyelesaikan 6 modul yaitu:
  1. Membuat blog dengan blogger
  2. Mengganti dan Mendesain template bawaan blogger 
  3. Mendesain Header Blog 
  4. Mengelola dan Menghias Blog 
  5. Membuat dan Mengelola Menu Blog 
  6. Membuat dan Mengelola Soal Online di Google Drive 
Pelaihan kedua yang saya ikuti yaitu pelatihan Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) Kelas Lanjutan Angkatan 41 yang dilaksanakan dari tanggal 02 sampai dengan 08 Juni 2020. Pada pelatihan Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) Kelas Lanjuta ini, kita dituntut untuk menyelesaikan 8 modul yaitu:
  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mengganti  template blog guru dengan template pihak ketiga 
  3. Mendesain header blog guru  dengan Adobe Photoshop
  4. Mengelola dan menghias blog guru, edit menu, sub menu, edit slide gambar melalui edit HTML. 
  5. Membuat soal onlie di Google Drive menggunakan 'timer'
  6. Menggunakan custom sub domain
  7. Monetize Blog
  8. Optimasi SEO
Harapannya, Saya bisa melaksanakan Pelatihan Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) Kelas Lanjutan Angkatan 41 dengan tuntas dan tentu saja ini akan menjadi penyemangat untuk mengikuti pelatihan lainnya.
Jika teman teman tertarik, bergabunglah dalam keanggotaan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan temukan berbagai pelatihan termasuk pelatihan Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) pada SIM Guru Pembelajar IGI.

0 komentar:

Posting Komentar